Beranda > Handphone, Nokia > Cara membuat Icon untuk N-Gage

Cara membuat Icon untuk N-Gage


Sebelumnya siapin dahulu tool-tools yang dibutuhin:

  1. Icon Wizard.
  2. Icon Wizard English Patch (Patch ini berguna untuk mengubah bahasa pada Icon Wizard yang aslinya bahasa Jerman menjadi bahasa Inggris, jadi ini tidak diperlukan kalo temen-temen pada bisa bahasa Jerman🙂 ).
  3. Sis Xplode.
  4. Photoshop atau aplikasi sejenisnya.

Berhubung saya orang baik🙂 , bagi yang belum punya tool-tools di atas, di bagian bawah postingan ini ada link untuk men-download tool-tools tersebut (kecuali photoshop cari sendiri ya..😀 ).

Langkah pertama buat dulu dua buah icon dengan menggunakan photoshop. Icon pertama berukuran 42×29 pixel yang akan digunakan sebagai icon menu dan icon kedua berukuran 44×44 yang akan digunakan sebagai icon program. Simpan icon tersebut dengan format bitmap (*.bmp). Selain dalam format bitmap, format yang lain yang didukung Icon Wizard adalah ico, emf, dan wmf. Contohnya seperti gambar di bawah ini :

Selanjutnya masih dengan photoshop, buat 2 gambar dengan ukuran 44×44 dan 42×29 kemudian simpan dengan format bitmap. Contohnya seperti dibawah ini:

Gambar tersebut berfungsi sebagai mask icon. Fungsi dari mask itu sendiri adalah agar icon yang kita buat tadi berlatar belakang transparan.

Nah, sekarang jalankan Icon Wizard di komputer anda, atau di komputer temen juga boleh😉 , yang ga’ boleh tu di komputer rusak😀 (guaariiing….).

Tampilan awalnya seperti ini:

 

Selanjutnya klik tombol “new icon”. Simsalabim… munculah gambar seperti di bawah ini:

Nah, sekarang tentuin icon yang tadi dibuat untuk aplikasi apa. Di dalam list ada beberapa aplikasi yang bisa dipilih. Tinggal di klik terus tekan tombol “next”. Tetapi jika aplikasi yang diinginkan tidak ada dalam list, saatnya SIS Xplode beraksi he..he..

Jalankan SIS Xplode, kemudian klik “file” kemudian klik “open”.

Terus browse file sis (symbian installation file) dari aplikasi yang diinginkan. Misalnya SmartMovie.

Lihat informasi “UID” dari SmartMovie. Kalo udah, balik lagi ke aplikasi Icon Wizard dan tutup aplikasi SIS Xplode. Masukkan informasi tersebut pada kolom “UID” di Icon Wizard. Masukkan juga informasi folder name, dan program name-nya. Cara mengetahui folder name dan program name lihat aja melalui aplikasi file manajer yang ada di handphone.

Selanjutnya tekan tombol “next” dan masukkan dua buah icon yang telah dibuat sebelumnya. Setelah itu tekan “next” lagi, kemudian masukkan kedua mask dan tekan “next” lagi.
Terakhir tekan tombol “build”, tunggu beberapa saat dan simpan.

Nah, sekarang tinggal transfer file yang disimpan tadi ke HP trus instal.

Download Link :
S60 Icon Wizard
S60 Icon Wizard English Patch
SIS Xplode v1.03

Kategori:Handphone, Nokia Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s