Beranda > Komputer > Definisi Registry

Definisi Registry


Definisi Registry
=================
Registry adalah database yang digunakan untuk menyimpan setting – setting untuk sistem operasi Windows 9x dan NT. Registry berisi setting – setting untuk seluruh hardware, software, user, dan juga preferences dari PC tersebut. Setiap kali user membuat perubahan setting – setting Control Panel, File, atau software, perubahan – perubahan tersebut disimpan dan di catat di Registry.

Letak Registry
==============
File – file yang memuat registry disimpan pada tempat/direktori yang berbeda tergantung dari versi Windowsnya. Untuk Windows 95 dan 98, registry disimpan di dalam dua file di dalamdirektori Windows yaitu USER.DAT dan SYSTEM.DAT. Sedangkan untuk Windows NT dimuat di direktori Windows / System32 / Config.

Cara Mengedit Registry
======================
Ada editor untuk Registry (REGEDIT.EXE) yang merupakan bawaan pada kebanyakan versi Windows yang memungkinkan kita untuk melihat, mencari, dan mengedit data didalam Registry. Ada beberapa cara untuk menjalankan Registry Editor, yang paling mudah adalah dengan mengklik tombol START, kemudian pilih RUN, dan pada kotak OPEN ketik “regedit”.

– Membuat Shortcut Untuk Regedit
Klik kanan pada daerah kosong di desktop, pilih New, kemudian Shortcut. Pada kotak Command Line ketikkan “regedit.exe” dan klik Next, ketik “Edit Registri” dan klik Finish.

– Menggunakan Regedit Untuk Memodifikasii Registry
Bila telah masuk Regedit, akan nampak bahwa pada sebelah kiri adalah kumpulan folder – folder dan pada sebelah kanan adalah isi (value) dari folder yang terpilih. Untuk meng-expand suatu folder, klik tanda tambah [+] pada bagian kiri dari folder, atau dengan
mengklik ganda pada folder tsb. Untuk menampilkan isi dari suatu key (folder), klik key tertentu dan lihat nilainya (value) pada bagian kanan. Kita dapat pula menambah key atau value yang baru dengan mengklik New pada Edit menu, atau dengan mengklik kanan mouse. Untuk me-rename dan menghapus, caranya hampir sama. Sebelum kita membuat perubahan pada registry, amat dianjurkan untuk mem-backup registry, penjelasannya dapat dilihat pada bagian berikutnya.

– Perintah – perintah Regedit
Regedit mempunyai sejumlah perintah – perintah untuk membantu user dengan batch file atau command prompt. Berikut ini adalah beberapa option atau perintah dan beberapa diantaranya hanya untuk OS tertentu. regedit.exe [options] [filename] filename Import .reg file into the registry/s tidak menampilkan kotak dialog saat mengimport file .reg/e Export file registry misal regedit /e filename.reg HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM/L:system Menentukan lokasi file system.dat

Kategori:Komputer Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s